Selasa, 28 Mei 2013

Pengertian Search Engine Optimization


Pengertian SEO atau Optimasi Mesin Pencari adalah langkah-langkah atau proses yang dilakukan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik (lalu lintas) kunjungan melalui mesin pencari (search engine) menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
Jadi, tujuan dari SEO adalah untuk menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas atau halaman depan pada hasil pencarian berdasarkan kata kunci (keyword) yang ditargetkan atau yang dicari. Apabila sebuah situs web memiliki posisi teratas atau halaman depan pada hasil pencarian oleh mesin pencari (search engine) seperti Google, otomatis situs web tersebut akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan trafik pengunjung yang tinggi dan berkualitas.
Mesin pencari atau search engine memiliki algoritma tersendiri untuk dapat mengindex suatu situs web untuk masuk di halaman depan atau puncak teratas dari hasil pencarian oleh search engine. Sehingga, mau tidak mau pemilik situs web harus menerapkan dan menguatkan langkah SEO untuk situs web-nya agar situs tersebut memiliki banyak pengunjung dan juga memiliki banyak keuntungan seperti makin banyaknya pembeli yang membeli barang-barang dari situs web atau blog tersebut.
Masih belum mengerti? Jadi begini, misalnya kita ingin mencari sebuah website restoran dengan target/kata kunci "restoran murah di Bali" dengan media Internet. Tetapi, kita tidak mengetahui alamat situs web terbaik dengan target "restoran murah di Bali" tersebut. Lalu, kita menggunakan layanan mesin pencari untuk mencari/menelusuri  restoran yang memiliki kriteria paling baik dan dimulai dari yang terbaik untuk ditampilkan di halaman depan/teratas hasil pencarian.

Secara umum, terdapat 2 (dua) macam SEO, yaitu:
  • White Hat SEO
White Hat SEO adalah langkah-langkah atau proses SEO atau Optimasi Mesin Pencari yang dilakukan oleh pemilik sebuah situs web atau blog dengan jalur putih atau LEGAL. Cara ini sangat disukai oleh mesin pencari karena website atau blog ini sesuai dengan aturan atau  ToS (Term of Service) yang dimiliki oleh mesin pencari (terutama Google).

  • Black Hat SEO
Black Hat SEO adalah kebalikan dari White Hat SEO. Black Hat SEO merupakan langkah-langkah atau proses SEO atau Optimasi Mesin Pencari dengan jalur hitam atau ILLEGAL. Cara ini sangat dibenci oleh mesin pencari seperti Google karena cara ini melanggar aturan atau ToS yang dimilikinya. Apabila cara ini digunakan oleh blog seperti Blogspot, maka akun blog tersebut bisa diblokir atau di-banned oleh pihak Google karena melanggar aturan main mereka.
Adapun Gray Hat SEO merupakan pencampuran antara White Hat SEO dengan Black Hat SEO. Meskipun sebuah situs blog pada Blogspot yang menerapkan cara ini, tetap saja akan di-banned oleh pihak Google karena terdapat aturan yang dilanggar, meskipun tidak semuanya.
Intinya adalah, Pengertian SEO adalah cara-cara yang dilakukan agar suatu situs web atau blog agar terindex dan muncul di halaman depan atau puncak dari hasil penelusuran mesin pencari.
Ketika hasil penelusuran mesin pencari muncul, tentu kita akan memilih situs web restoran yang memiliki peringkat teratas dalam hasil penelusuran tersebut. Nah, jadi para pemilik situs web harus memutar otak agar situs web mereka dapat terindex dan mendapat posisi terdepan pada halaman hasil pencarian mesin pencari.
Bahkan ada yang menyatakan bahwa Pengertian SEO adalah proses yang sangat khusus dan penting dalam membangun sebuah website yang berhasil. Alasannya karena sebuah website komersial tidak dikatakan berhasil jika tidak dapat ditemukan dalam Search Engine. Ini adalah tugas dan tantangan pemilik blog untuk mengoptimalkan sebuah website dengan cara memperbaiki struktur tag-tag HTML tertentu pada halaman web.
Sebuah opini yang masuk akal karena bagaimana mungkin kita akan mendapatkan trafik atau pengunjung dan pagerank jika blog atau website serta artikel kita tidak ditemukan di mesin pencari seperti google.com , yahoo,com , MSN dan lain-lain.

Dari definisi SEO diatas maka dapat diketahui apa fungsi & tujuannya :
Ø Menaikkan pagerank sebuah blog agar selalu terindex pada search engine sehingga dapat ditampilkan dihalaman utama.
Ø Mendapatkan backlink.
Ø Menaikkan alexa rank jika anda mendaftarkan blog anda di alexa.
Ø Mendatangkan trafik atau pengunjung ke website melalui Search Engine.
Ø Membantu meningkatkan pencapaian target penjualan melalui Rekomendasi web.
Ø Meminimalkan biaya pemasaran online.
Ø Membuat blog kita menjadi lebih terkenal.
Ø Membangun brand kita di dunia maya.
Ø Menambah skill dalam dunia internet.
Dengan SEO maka kita bisa mendongkrak posisi artikel kita di hasil serp. Beberapa kesalahan dalam SEO mungkin sering dilakukan oleh para blogger. Mereka yang sangat bersemangat untuk mengoptimasi blognya sehingga lupa akan efek samping yang didapat. Banyak yang mengoptimasinya dengan OVER ( Berlebihan ) seperti Ping terlalu banyak. Mencari jalan dengan cara Black Hat SEO. Tentunya dengan cara yang berlebihan akan membuat blog atau website tidak terindeks mesin pencari. Definisi Pengertian SEO ( Search Engine Optimization ) harus dipahami dengan baik agar saat mengoptimasi tidak akan salah penggunaan.
Bahkan ada yang menyatakan bahwa Pengertian SEO adalah proses yang sangat khusus dan penting dalam membangun sebuah website yang berhasil. Alasannya karena sebuah website komersial tidak dikatakan berhasil jika tidak dapat ditemukan dalam Search Engine. Ini adalah tugas dan tantangan pemilik blog untuk mengoptimalkan sebuah website dengan cara memperbaiki struktur tag-tag HTML tertentu pada halaman web.
Sebuah opini yang masuk akal karena bagaimana mungkin kita akan mendapatkan trafik atau pengunjung dan pagerank jika blog atau website serta artikel kita tidak ditemukan di mesin pencari seperti google.com , yahoo,com , MSN dan lain-lain.





1 komentar:

  1. đồng tâm
    game mu
    cho thuê nhà trọ
    cho thuê phòng trọ
    nhac san cuc manh
    số điện thoại tư vấn pháp luật miễn phí
    văn phòng luật
    tổng đài tư vấn pháp luật
    dịch vụ thành lập công ty trọn gói

    "Được rồi!" Mạc Thiên Vân nhíu mày, bực mình nói: "Kỷ Chú ngươi là cái dạng gì thế? Ngay trước mặt mọi người, ngươi còn biết xấu hổ không?"

    "Nếu không phải lão nhị đột nhiên chạy mất, ngươi nghĩ ta muốn đi chung với các ngươi à?" Kỷ Chú chậm rì rì đứng lên, trợn trắng mắt, xỏ giầy vào, nói: "Ta cũng không muốn, chỉ là... ngứa quá. Làm sao được?"

    "Được rồi, nói về hai người vừa rồi đi." Mạc Thiên Vân nhíu mày, nói: "Trong chúng ta có thể không nhận ra nhau, có một số là thiên nam hải bắc, cũng có một số là cừu địch của nhau. Nhưng ta phải nhắc nhở các vị một câu. lần này chúng ta xuống Hạ Tam Thiên, chính là để thí luyện, mà mục đích của thí luyện, lại là Cửu Kiếp kiếm chủ!"

    Vừa nhắc tới ba chứ Cửu Kiếp kiếm, tất cả mọi người đều yên tĩnh trở lại.

    :Hai người vừa rồi, khí độ cao ngạo, rõ ràng là xuất thân đại thế gia. hơn nữa, từ khí tức bọn hắn cũng có thể nhận ra được, đây là hai kiếm khách thiếu niên! Tuy tu vi không thể nhìn ra được... nhưng kiếm khách ở độ tuổi như thế, cho dù là các đại gia tộc Trung Tam Thiên chúng ta, cũng không có!"

    "Trong thời khắc mẫn cảm thế này, lại đột nhiên xuất hiện hai người như vậy...." Mạc Thiên Vân nói tới đây, đã thành công dẫn dắt suy nghĩ của mọi người: "Nếu nói không liên quan tới Cửu Kiếp kiếm xuất thế, ta tuyệt đối không tin."

    “Nhưng nếu là chuyện có liên quan tới Cửu Kiếp kiếm chủ, thì đó chính là đối thủ cạnh tranh của chúng ta, hơn nữa còn là đối thủ cường đại." Lời của Mạc Thiên Vân, cho dù là gia tộc đối địch, cũng không thể phủ nhận.

    BalasHapus